Kampung Halaman

Malang…..

Perasaan senang yang campur aduk bergejolak di dalam hati ketika tahu hari kepulangan ke kampung halaman tiba. Rasa bahagia dan suka cita meluap terlebih lagi karena pada akhirnya saya bisa merasakan pulang kampung ke asal-muasal keluarga saya. 24 tahun dari saya terlahir sampai anak saya berumur 6 bulan, baru satu kali ini saya menginjakkan kaki di Malang, kampung halaman. Malang yang dulu “katanya” dikenal dingin, saat ini sudah tak menyisakan dingin bagi saya, tetapi setidaknya masih lebih ‘sejuk’ daripada Depok sebagai tempat tinggal saya. Karena akhirnya saya tahu silsilah keluarga saya dari pihak papa dan saudara-saudara yang masih berhubungan darah disini.

Kota Malang, kota yang banyak di kenal orang sebagai kota dengan buah apelnya yang khas. Saya pernah mendengar seorang ibu berkata, “Kenapa Malang disebut Kota Apel?”. Ibu tersebut kembali menjawab tanpa menunggu orang lain, “Karena Apel tumbuh di daerah Malang. Lah terus kenapa bisa tumbuh di Malang? Ya karena daerah Malang itu dingin, jadi apel bisa tumbuh disana.”

Entah itu informasi atau pernyataan atau sekedar memberi tahu. Secara ilmiah atau dalam ilmu pendidikan, saya tidak tahu apakah ibu tersebut benar. Tetapi mungkin ada benarnya juga apa yang dikatakan ibu itu.

Yang terpenting bagi saya adalah saya bisa menginjakkan kaki di tempat keluarga saya dan berkumpul dengan orang-orang yang sama sekali asing bagi saya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s