Daily Plan Routine (Part 3)

Sesuai dengan plan saya untuk menulis tentang pelaksanaan perencanaan harian. Saya memiliki rencana, bahwasanya Part 3 dari judul Daily Plan Routine ini harus diposting pada tanggal 28 Februari malam hari menjelang bulan Maret, atau saya posting di pagi hari tanggal 1 Maret disaat baru memasuki awal bulan baru.

Kenapa demikian?

Karena biasanya, beberapa orang akan menunggu beberapa momen untuk bisa memulai aktivitas dan kegiatan baru untuk bisa memulai segala sesuatu yang baru. Misal, menunggu hari Senin untuk bisa melakukan perubahan rencana, atau menunggu awal bulan baru untuk bisa memulai rencana baru yang sudah dibuat sebelumnya.

Meskipun sebenarnya, tanggal atau hari atau bulan itu sebenarnya tidak mempengaruhi jadwal kegiatan baru yang akan kita buat atau akan kita rencanakan. Jika sudah kita niatkan untuk membuat suatu rencana baru, maka kerjakanlah tak perlu menunggu hari esok.

Bagaimana agar perencanaan harian ini bisa berjalan sesuai dengan waktu? Catatlah.

Bagaimana mengawali catatan itu?

Untuk bisa memulai perencanaan yang baik, kita perlu mencatatnya. Entah menggunakan kertas ataupun hanya menggunakan memo di dalam handphone itu semua tergantung kenyamanan kita dalam membuat jadwal yang akan kita kerjakan.

Tulislah apa yang perlu kalian kerjakan hari itu. Buatlah catatan pekerjaan hari itu secara tersusun atau diawali dengan pekerjaan yang harus dikerjakan pertama kali. Jika tak yakin dengan waktunya, maka buatlah hanya jadwal pekerjaannya.

Jika kita sudah membagi waktu kita untuk setiap pekerjaan, maka tulislah waktunya jika tidak pun tak masalah.

Mulailah menulis perencanaan kalian di pagi hari saat terbangun dari tidur ataupun di malam hari sebelum kita tidur. Saran saya, catatlah di pagi hari, agar ketika kita bangun pikiran kita tidak segera terbebani oleh jadwal yang kita buat sendiri.

Meskipun keefektifan jadwal terkadang tidak sampai sore atau bahkan malam hari di awal-awal kita membuat jadwal, tetapi disiplinlah pada diri sendiri. Terutama disiplin untuk menulis jadwal setiap harinya meskipun dari 10 jadwal yang kita buat dalam satu hari, yang mampu kita kerjakan hanya 5-6 pekerjaan atau bahkan kurang.

Yang terpenting adalah bagaimana kita bisa memulai untuk membuat aktivitas kegiatan kita teratur di pagi hari dalam beberapa hari ke depan. Pada akhirnya nanti kita akan terbiasa dengan keteraturan yang kita buat untuk bisa merubah diri sendiri menjadi lebih baik.

Jangan ragu untuk memulai sesuatu yang baru jika itu mampu membuat hidup kita bisa lebih baik dari hari ini…

☑️ Catatlah jadwalmu

☑️ Tentukan waktumu

☑️ Disiplinlah pada diri sendiri

☑️ Konsistensi diri sendiri terhadap waktu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s