Melihat keindahan miniatur kepulauan Indonesia dari Kereta Gantung.. (staycation di Taman Mini part 2)

Istana Anak-anak Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah

Sesuai caption saya di feed instagram, saya akan melanjutkan menulis staycation di Taman Mini pada hari Jum’at minggu lalu. Tapi nulisnya bukan di atas kereta dalam perjalanan pulang dari Bandung,

tapi udah selonjoran leyehan di rumah sambil makan roti stasiun kalau kata Akmal. 😄😄

Hari Jum’at minggu lalu, diplan dadakan main ke Taman Mini dari sekitar hari Kamis. Hari Kamis saya mengajak tante saya untuk liburan bareng di Taman Mini.

Begitu tiba di Taman Mini, ga pake muter lama-lama kita langsung menuju Istana Anak-anak Indonesia untuk berenang di Sendang Sejodo Waterpark yang ada di dalam Istana Anak-anak ini.

Harga tiket masuk Istana Anak-anak sendiri dikenakan biaya Rp 10.000,-/orang. Diatas 3 tahun sudah dikenakan tiket dewasa. Menurut saya termasuk cukup murah karena memang tempatnya besar dan mainan tamannya banyak.

Hanya saja untuk beberapa permainan lain, kita harus merogoh kocek lagi. Seperti odong-odong dan kereta kecil yang berkeliling di Istana anak-anak dengan harga tiket berkisar diantara Rp 5.000,- hingga Rp 15.000,-/wahana.

Sedangkan untuk wahana waterpark sendang sejodo dikenakan tarif tiket yang berbeda.

Harga tiket masuk di Sendang Sejodo waterpark dihari biasa atau weekday sebesar Rp 20.000,-/orang, sedangkan untuk weekend harga tiket masuknya Rp 25.000,-/orang.

Jam buka SS Waterpark ini dihari biasa atau weekday adalah jam 09.00 pagi dan tutup pada jam 16.00. Sedangkan dihari Ahad atau Minggu jam buka mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 17.00.

SS Waterpark juga menyediakan penyewaan ban renang, loker serta gazebo untuk beristirahat.

Kolam renang sendang sejodo waterpark di Istana Anak Taman Mini

Saya dan anak-anak sampai tepat di loket SS Waterpark tepat pukul 08.45 pagi. Sehingga kami harus menunggu beberapa saat hingga waktunya jam buka pukul 09.00 pagi.

Untuk tiket masuk SS waterpark ini sudah mulai dikenakan untuk anak usia diatas 1 tahun.

Saya rasa tidak ada anak kecil yang tidak suka bermain air. Entah hanya bermain air yang sedikit seperti di dalam air atau yang banyak jumlah seperti di dalam kolam renang. Yang sedikit saja mereka sangat senang apalagi di dalam kolam besar dan ada seluncurannya. Rasanya 1 jam di dalam air terasa hanya 10 menit kalau di kolam renang bukan?

Kalau menantikan anak-anak puas berenang, rasanya 1 hari hanya dihabiskan untuk berenang saja. Setelah 2 jam menghabiskan waktu menemani mereka bermain air, saya rasa sudah cukup untuk waktunya membilas. Karena memang tujuan kami ke Taman Mini kali ini tidak hanya berenang, tetapi menikmati keindahan kawasan Indonesia dalam bentuk miniaturnya.

Setelah keluar dari wahana SS waterpark, kami menyempatkan diri naik ke bagian atas Istana Anak-anak. Karena permintaan sepupu saya yang belum pernah naik ke rooftopnya dan rasanya juga saya sudah lupa seperti apa sekarang bentuknya.

Sudah lama sekali saya tidak naik ke bagian atas Istana Anak-anak ini meskipun kunjungan ke Taman Mini sangat sering untuk saya dan keluarga kecil saya. Yang masih teringat dalam ingatan saya saat terahir kali saya naik ke rooftop Istana Anak-anak ketika saya masih sangat kecil, mungkin seusia anak-anak saya sekarang, saat usia taman kanak-kanak. Saat mama mengajak saya keluar dari Istana Anak-anak dan saya tidak mau keluar, karena di depan pintu besar istana ada dua badut besar yang menyalami anak-anak yang sedang keluar istana. Saya hanya mau keluar kalau badut-badut itu tidak berada di depan pintu. Entah bagaimana, tetapi ingatan saya hanya sebatas itu dan tiba-tiba saya sudah berada di atas istana bersama mama dan melihat ke bagian bawah dimana badut tadi berdiri. Sesudahnya saya tidak lagi ingat bagaimana keluar dari dalam istana itu, hehehe.

Setelah keluar dari Istana Anak, sepupu saya meminta naik kereta gantung yang semenjak kami tiba di Taman Mini berjalan melayang di atas kami. Kami menuju stasiun kereta gantung yang terletak di samping aula gedung Sasana Kriya.

Harga Tiket Masuk kereta gantung perorang Rp 40.000,- di hari biasa atau weekday dan Rp 50.000,- di hari libur dan akhir pekan/weekend.

Kereta Gantung di Taman Mini. Source foto : Google

Kalau saya tidak salah ingat, anak dengan tinggi badan 80 cm sudah dikenakan biaya tiket penuh.

Dari atas kereta gantung, kita bisa melihat keindahan Taman Mini termasuk miniatur kepulauan Indonesia yang sangat populer dan menjadi ikon Taman Mini Indonesia Indah. Sensasi yang dirasakan bagi anak-anak yang baru pertama kali naik kereta gantung mungkin sebagian merasa cemas, panik dan takut keretanya terjatuh dan sebagian lain merasa excited dan senang karena bisa melihat segala sesuatu yang ada dibawahnya dari ketinggian.

So, tidak lengkap rasanya berkunjung ke Taman Mini jika tidak menaiki kereta gantung. Kenapa? Karena miniatur kepulauan Indonesia hanya bisa benar-benar terlihat dengan bagus dari atas kereta gantung..

Kalian sudah pernah coba??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s