Mengenal aneka ragam fauna unggas (burung) dari seluruh Indonesia di Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah..

Dari sekian banyak taman yang berada di dalam kawasan Taman Mini, Taman Burung termasuk salah satu yang terkenal di antara para wisatawan lokal yang ingin atau yang sedang berkunjung di Taman Mini. Tujuan utama kami berkunjung ke taman mini kali ini tidak hanya untuk menghabiskan waktu di istana anak-anak atau sekedar berkeliling taman mini tanpa tujuan.

Taman burung menjadi salah satu destinasi tujuan wisata kali ini. Berhubung sepupu kecil saya belu pernah berkunjung ke taman burung, dia merasa sangat antusias untuk berkunjung kesana. Meskipun hari sudah semakin siang dan yang pasti lelah setelah bermain air di SS waterpark dan dilanjutkan dengan menaiki wahana kereta gantung untuk menikmati keelokan pemandangan taman mini dari ketinggian.

Di dalam Taman Burung, kita bisa mengenal berbagai macam jenis burung lokal yang berada di kawasan Nusantara atau beberapa burung yang berasal dari luar negeri. Lokasi taman burung sendiri berada di bagian paling belakang dari kawasan taman mini yang berseberangan dengan gedung PP IPTEK TMII.

Untuk bisa masuk ke dalam kawasan taman burung diperlukan tiket masuk sebesar Rp 20.000/orang untuk hari biasa atau weekday dan Rp 25.000/orang untuk akhir pekan atau weekend dan hari libur nasional. Untuk anak dengan tinggi badan diatas 80 cm sudah dikenakan biaya tiket masuk penuh.

Anak dengan tinggi badan 80 cm sudah dikenakan biaya tiket penuh.

Penataan koleksi burung yang ada di dalam kawasan taman mini didasarkan pada Zoogeografi.

Zoogeografi adalah cabang ilmu biogeografi yang mempelajari hal ihwal penyebaran spesies hewan yang ada dimuka bumi. Oleh karena pembagiannya yang didasarkan pada zoografi atau pola persebaran binatang, maka pembagian koleksi taman burung di taman mini dibagi menjadi dua bagian di dalam sangkar besar berbentuk kubah. Dua kubah ini dinamakan kubah barat dan kubah timur sesuai dengan garis Wallace, atau garis hipotetis yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australasia.

Ketika memasuki area taman burung, area pertama yang dilewati adalah area spot foto bersama burung. Sayangnya, saat kami tiba disana area itu kosong hanya terdapat potongan kayu mirip batang pohon yang dibuat untuk tempat para burung bertengger. Sebelum masuk ke dalam kubah pertama atau kubah barat, ada sisi jalan setapak yang menuju ke arah 3 kadang besar yang berisikan sepasang burung hantu di masing-masing kandang dengan jenis yang berbeda-beda. Oh ya, kawasan taman burung ini ‘strollerable’ loh atau dengan kata lain bisa berkeliling menggunakan stroller atau kereta bayi.

Jalan setapak diluar kubah.
Salah satu koleksi burung hantu di taman burung.

Kubah pertama yang kita masuki pertama kali adalah kubah barat yang berisikan burung-burung yang berasal dari pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan dan Bali. Di dalam kubah, kita akan menemukan burung-burung yang beterbangan bebas layaknya terbang di alam terbuka. Taman burung ini dibangun bukan hanya menjadi sekedar ‘kandang’ tetapi dibuat seperti habitat aslinya. Kita akan menemui berbagai macam pohon didalamnya dan juga kolam-kolam buatan. Lingkungan vegetasi di dalam kandang besar ini dibuat semirip mungkin dan disesuaikan dengan jenis burung yang ada didalamnya. Tidak semua burung dibebaskan lepas didalam kubah ini. Beberapa jenis burung yang spesiesnya langka dan bukan burung yang ramah diletakkan didalam kandang-kandang terpisah. Ada dua jalan setapak yang bisa kita ambil saat berada didalam kubah, salah satunya jalannya adalah jalan pintas langsung menuju pintu keluar, dengan kata lain kita tidak akan memutari bagian dalam kubah itu. Namun, jika kita memilih jalan lain dan menelusurinya, maka jalan itu akan membawa kita berkeliling melihat berbagai macam koleksi yang ada di dalamnya.

Ketika keluar dari kubah barat, maka kita akan menemukan jalan dengan dua tujuan, salah satu jalan menuju gudang pakan dan tempat penangkaran satwa sedangkan jalan satunya lagi mengarahkan kita menuju ke danau serta kubah timur.

Danau yang terletak diantara kubah barat dan kubah timur.
Tempat berswafoto bersama burung dipinggir danau.

Kami berjalan menuju arah danau dengan tujuan beristirahat sejenak sebelum melanjutkan berkeliling kubah timur. Jalan menuju danau dibuat seperti masuk ke dalam sebuah gua dan dipertengahan gua tersebut ada tempat dimana kita bisa melihat unggas seperti angsa, angsa hitam dan burung pelikan sedang berenang diatasnya.

Tidak perlu khawatir kehabisan air minum atau kehausan didalam taman burung ini, karena didalam gua buatan ini ada kantin kecil yang menjajakan makanan ringan, minuman dingin dan es krim. Di dalam gua ini juga terdapat toilet untuk pengunjung. Di danau juga terdapat area spot berfoto bersama burung. Untuk berfoto dengan satu ekor burung dikenakan biaya sebesar Rp 5.000,-.

Kami melanjutkan perjalanan menuju kubah timur. Bentuk kubah timur ini sedikit lebih kecil dari kubah barat sebelumnya. Dan hewan yang ada di dalam kubah timur jumlahnya sedikit lebih kecil dari kubah barat. Burung yang terletak di dalam kubah timur ini, berasal dari Sulawesi, Maluku dan Papua. Pertama kali kami menginjakkan kaki di kubah timur, kami disambut oleh ekor burung merak yang sedang terbuka. Seolah tahu bahwa beberapa pengunjung sedang mengabadikan keelokan ekornya, burung merak itu nampak berdiam tak bergerak saat beberap orang berswafoto didepannya. Kubah timur menjadi rute terakhir yang mengarahkan kita kepada perpustakaan dan pintu keluar dari taman burung. Taman burung juga kerap dijadikan lokasi ajang lomba burung, kawasan study tour anak-anak sekolah dan lain sebagainya.

Burung merak, salah satu koleksi burung di taman burung yang berasal dari tanah Papua.

1 komentar pada “Mengenal aneka ragam fauna unggas (burung) dari seluruh Indonesia di Taman Burung Taman Mini Indonesia Indah..”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s