Kelas Blog Online Bersama Dewi Rieka

Beberapa hari lalu, saat sedang berselancar di laman instagram story, sampailah saya di halaman story dari akun laman Blogger Perempuan. Saat itu, tampillah ‘iklan’ “DAFTAR SEKARANG, Kelas Blog Untuk Pemula” bersama Dewi Rieka. Tertarik?? Tentu saja tertarik.

Poster iklan Kelas Blog Untuk Pemula

Sebenarnya saya bukan blogger pemula kalau dilihat dari kapan saya mulai menulis blog adalah tahun 2011. Saat itu, saya masih duduk di bangku kuliah. Dan saat itu, blog saya hanya berisi tulisan berupa puisi dan sajak. Rajin? Cukup sering juga. Tetapi entah karena apa (saking lamanya lupa kenapa ngga ngeblog :D), lama saya akhirnya tidak melanjutkan menulis.

My Old Blog ; http://firenzea.blogspot.com/

Sampai akhirnya saya kembali membuat blog baru karena blog lama sudah tidak bisa diakses masuk. Sekali lagi, meskipun sudah punya blog baru, lagi-lagi keaktifan saya dalam menulis sedikit berkurang karena kesibukan mengurusi urusan rumah tangga. Dan memang blog ini, hanya saya jadikan rumah cerita dan menulis, bukan untuk mencari popularitas, penghasilan atau yang lainnya. Sehingga menjadikan blog ini antara hidup dan mati, hehehe.

Sesekali saya menulis, tetapi terkadang hanya masuk ke dalam ‘draft‘. Tidak selesai penulisannya dan pada akhirnya tidak ter-posting, hahaha. (Sampai hari ini ada 10 draft yang tidak tahu akan berlanjut atau tidak penulisannya, hehe.) Dan iklan ini pada akhirnya menyentuh saya, untuk kembali belajar. Paling tidak, walaupun bukan blogger profesional tetapi ada sedikit ilmu tambahan dalam pengembangan (yang meskipun tidak terlalu berkembang, hahaha) pada blog saya ini.

Blog baru saya yang isinya gado-gado : https://darufirenzeasuprantio.wordpress.com/

Ada beberapa dasaran ilmu yang dibagikan mba Dewi Rieka atau yang biasa dikenal sebagai mba Dedew dalam ‘ngeblog’ jadi, meskipun tidak untuk dijadikan blog profesional setidaknya kita bisa tahu, apa sih fungsi nge-blog, apa itu blog, dan bagaimana cara pengoperasian standarnya blog itu.

Apa sih blog itu? Dan apa itu blogger?

Blog ada sebuah wadah atau tempat dimana kita bisa menuangkan ide atau cerita dalam bentuk tulisan. Kurang lebih, blog ini sama seperti buku hanya saja dalam bentuk digital dan sifatnya umum alias bisa dibaca dan diakses oleh siapa saja. Sedangkan blogger itu sendiri adalah orang yang menulis pada blog.

Fungsi dan manfaat dari nge-blog kata mba Dedew antara lain, sebagai tempat curhat dan berekspresi, sebagai tempat latihan menulis, portofolio karya berupa tulisan dan gambar, tempat aktualisasi diri dan juga sebagai sumber penghasilan.

Blogger juga bisa berfungsi sebagai wartawan, karena memiliki fungsi yang sama. Yaitu, sama-sama memberikan sebuah informasi, baik tentang event, berita, produk atau lain sebagainya. Hanya saja, biasanya bahasa yang digunakan blogger lebih santai dan bisa mudah dipahami karena penulisannya mengikuti gaya bahasa sang penulis itu sendiri daripada wartawan media. Karena wartawan media biasanya menggunakan bahasa baku yang sesuai EYD.

Kelas Online yang diadakan mba Dedew ini diadakan selama dua hari. Pada hari kedua, pembahasan yang disampaikan cukup banyak dari hari pertama. Pembahasan di hari kedua tentang SEO, isi artikel, judul blog, keyword, dan foto. Oh ya, disini ada ilmu baru yang belum saya pakai sebelumnya, yaitu penyematan link baik eksternal ataupun internal.

Oh ya, Mba Dedew pun memberikan tips untuk blogger pemula, bagaimana cara menghasilkan uang dar nge-blog.

Tips menulis blog ala Mba Dewi Rieka, ‘Inti dari sebuah blog adalah tulisan, maka fokuslah kepada tulisan kita bukan kepada bagaiana menghias blog. Karena biasanya para blogger pemula lebih banyak fokus pada cara mempercantik blog tersebut.’

Oh ya, ada satu teknik penulisan yang bisa membuat blog kita bisa berisi banyak materi. Sebelumnya, saya pernah mempelajari teknik penulisan ini saat kuliah 9 tahun yang lalu di mata kuliah Jurnalistik. Dan ternyata sampai saat ini teknik itu tetap terpakai dan tidak berubah, yaitu teknik 5 W 1 H.

Teknik Menulis 5W 1H

Apa itu teknik 5 W 1 H? What, Why, When, Where, Who, How.

  1. What, Apa itu? Apa isi artikel yang kita tulis? Atau apa artikel yang akan kita tulis?
  2. Why, Mengapa? Mengapa kita menulis artikel itu? Apa tujuan dari artikel yang kita buat.
  3. Where, Dimana kejadiannya? Atau dimana tempat yang kita maksud.
  4. When, Kapan terjadinya atau berlangsungnya?
  5. Who, Siapa yang menjadi tokoh atau pelaku dalam artikel?
  6. How, Bagaimana kejadiannya?

Ini bisa menjadi bagan untuk alur penulisan sehingga memudahkan kita sang penulis dalam memasukkan informasi-informasi yang ingin disampaikan.

Penasaran dengan kelas online-nya mba Dedew?

Yuk visit kesini : http://www.ruangaksaraku.com/

Next time, ikutan yaa untuk menambah ilmu baru dan bisa jadi tempat sharing juga. Terima kasih. Oh ya, satu alasan lagi kenapa saya ikut kelas mba Dedew tuh, karena rasanya ga asing sama namanya mba Dedew, rasanya pernah di posting sama salah seorang teman saya di instagram yang saya kenal karena blog tentang travelling-nya. ^.^

  •  

15 komentar pada “Kelas Blog Online Bersama Dewi Rieka”

  1. samaa, sering bgt cuma numpukin draft ajaa ๐Ÿ˜€ semoga setelah ikut kelas ruang aksara kita sama-sama istiqomah salam menulis ya mbak, semangaat ๐Ÿ˜€

    Suka

  2. Saya pertama kali nulis blog juga sekitar 2011 di blogspot, lupa pasword..hahah..terus pengen nulis catatan perjalanan lagi 2 tahun lalu, eh malah mandeg 2019 kemarin..hadeh..memang harus tetap semangat ya, Mbak ๐Ÿ˜€

    Suka

  3. Wah saya jg termasuk yg sempet gonta ganti website mbak karena bbrp kali hiatus dari dunia blog heheh, insyaAllah skrng lg nyoba istiqomah๐Ÿ˜ semangat terus untuk nulisnya mbak!

    Disukai oleh 1 orang

  4. Wah terima kasih sudah ikut Kelas Ruang Aksara ya say..semoga bermanfaat materinya..iya, yang penting kita konsisten dulu nulisnya, kalau sudah cinta, maka tak ada alasan untuk tidak nulis..mwah..

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s